HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013

Nudya, Fariz Ridho (2013) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Diploma thesis, UNIMED.

[img] Text
2. NIM 081255310003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
3. NIM 081255310003 ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
4. NIM 081255310003 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Other
5. NIM 081255310003 DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Other
6. NIM 081255310003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text
7. NIM 081255310003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
8. NIM 081255310003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
9. NIM 081255310003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
10. NIM 081255310003 BAB I .pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
14. NIM 081255310003 BAB V .pdf - Published Version

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir logis matematika dan aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar rencana anggaran biaya pada siswa kelas XI program keahlian konstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah responden 30 orang.Data penelitian variabel kemampuan berpikir logis matematika (X1) dan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya (Y) dijaring dengan tes. Sedang kan Aktivitas Belajar Siswa (X2) dijaring dengan angket.Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) Variabel Kemampuan berpikir logis matematika (X1) 22 Soal valid, Reliabilitas cukup sebesar 0.470 pada taraf signifikansi 5%. (2) variabel Aktivitas Belajar Siswa (X2) 29 soal yang valid, reliabilitas yang sangat tinggi sebesar 0.87 pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya (Y) 28 soal yang valid, Reliabilitas yang tinggi sebesar 0.752 pada taraf signifikansi 5%.Uji Normalitas dengan Chi-kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut: (1)variabel Kemampuan berpikir logis Matematika (X1) yaitu &#967;² hit (8.964) < &#967;² tabel (11.1) berdistribusi normal signifikansi 5%. (2) variabel Aktivitas Belajar Siswa (X2) yaitu &#967;² hit (10.756) < &#967;² tabel (11.1) berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya (Y) &#967;² hit (3.417) < &#967;² tabel (11.1) berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%.Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil: (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu &#374; = 2.955 + 0.831 X1, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X1 yaitu Fhitung Ftabel (2,01 < 2,45) mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu: &#374; = - 17,337 + 0.358 X2, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhitung < Ftabel (2,27 < 2,42) mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Hasil analisis korelasi antara variabel didapat hasil: (1) variabel Kemampuan Berpikir Logis Matematika (X1) dengan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya (Y) yaitu thitung ttabel (16,284 1,70) menunjukan korelasi positif dan berarti. (2) Aktivitas Belajar (X2) dengan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya (Y) yaitu thitung > ttabel (16,695 > 1,70) menunjukan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemampuan berpikir logis matematika (X1) dengan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya (Y). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara aktivitas belajar siswa (X2) dengan hasil belajar Rencana Anggaran biaya (Y) terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara kemampuan berpikir logis matematika (X1) dan Aktvitas belajar siswa (X2) dengan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya Y

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLuthan, Putri Lynna A196905042000032001
Call Number: 624.180 719 Nud h
Keywords: Hasil belajar ; Anggaran biaya ; Aktivitas belajar siswa; Matematika ; Ipa
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Pranandiah Popi Pitaloka
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18859

Actions (login required)

View Item View Item