HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 2 T.A 2012/2013

Mahulae, Marsinar (2013) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 2 T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508121042 Cover.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121042 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121042 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121042 BAB I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121042 BAB V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) besarnya hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika teknik; (2) besarnya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar fisika teknik; (3) besarnya hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika teknik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2 pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK. Sampel diambil menggunakan Tabel Krejcie dan Morgan dengan jumlah sampel 85 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan data hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis dan uji linearitas dan keberartian regresi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika siswa yang dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi dengan nilai rhitung = 0,252 > rtabel = 0,213, terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi dengan hasil belajar fisika teknik siswa yang dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi dengan nilai rhitung = 0,265 > rtabel = 0,213, terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar fisika teknik yang dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi ganda R = 0,381 > rtabel = 0,213. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional mempengaruhi hasil belajar siswa dengan kata lain siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan memperoleh hasil belajar fisika yang tinggi demikian juga halnya motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar siswa, siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBanjarnahor, Manintin19531115198031003
Call Number: 621.071 9 Mah h
Keywords: Hasil Belajar; Fisika Teknik; Kecerdasan Emosional; Motivasi Belajar; Kognitif; Afektif; Psikomotorik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA630 Structural engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18820

Actions (login required)

View Item View Item