PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) PADA SISWA KELAS X SMK HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013

Kurniawan, Muhammad (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) PADA SISWA KELAS X SMK HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508121047 Cover.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Bab I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Bab V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121047 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh hasil belajar standar kompetensi pengetahuan dasar teknik mesin yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan konvensional (2) Mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional (3) Mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional (4) Interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar standar pengetahuan dasar teknik mesin. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah memperoleh hasil belajar yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran pengetahuan dasar teknik mesin (2) Siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada mata pelajaran pengetahuan dasar teknik mesin (3) Terdapat interaksi strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pengetahuan dasar teknik mesin siswa smk harapan stabat. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dengan populasi penelitian berjumlah 125 orang siswa tingkat X Teknik Otomotif SMK Harapan Stabat, dengan sampel berjumlah 50 orang dari dua kelas yang terpilih dengan teknik cluster random sampling, yang terbagi menjadi kelas berbasis masalah dan kelas konvensional.Untuk mendapatkan data hasil belajar siswa dilakukan test, yang dilakukan sebanyak satu. Sebelum test dilakukan uji coba instrument penelitian. Uji coba instrument test penelitian dilakukan dengan menggunakan Koefisien Biserial, diperoleh 3 butir soal tidak valid dan 27 soal valid dengan reliabilitas 0,920 dengan demikian instrument tersebut memiliki reliabilitas tergolong sangat tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dasar teknik mesin. Hal ini ditunjukan oleh Fhitung = 58,82 ˃ Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 5% dengan dk = 1;47, dan terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pengetahuan dasar teknik mesin hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 5,86 ˃ Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 5% dengan dk = 1;47, serta terdapat interaksi antara strategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pengetahuan dasar teknik mesin. Hal ini ditunjukan oleh Fhitung = 66,5 ˃ Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 5% dengan dk = 1;47.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimarmata, Mangambit195410241980031005
Call Number: 621.807 1 Kur p
Keywords: motivasi; pembelajaran; teknik mesin; hasil belajar; konvensional
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item View Item