HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK MESIN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MESIN BUBUT SISWA TINGKAT II KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Gerland, Ali (2013) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK MESIN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MESIN BUBUT SISWA TINGKAT II KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508121016 Cover.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Bab I.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Bab V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara: (1) Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut; (2) Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut; dan (3) Kemampuan Menggunakan Mesin Bubut dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tingkat II SMK N 2 Medan dengan jumlah 36 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah dari populasi yaitu 36 orang. Data penelitian diambil dengan menggunakan Tes pilihan berganda untuk variabel Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin (X1), dengan menggunakan angket model skala likert untuk variabel Disiplin Belajar (X2) dan untuk Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut diambil dari data Daftar Kumpulan Nilai (DKN) raport siswa. Berdasarkan hasil penelitian uji kecenderungan Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin berada pada kategori tinggi, Disiplin Belajar berada pada kategori rendah dan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut termasuk dalam kategori cukup.Hasil Pengujian hipotesis diperoleh bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut diperoleh nilai ry₁.₂= 0,784. (2) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut dengan nilai ry₂.₁ = 0,460. (3) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut, hasil nilai fh = 19,428 > ft = 4,16, thitung = 9,45 > ttabel = 2,0336. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan ada hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuherman, 195507011983031004
Call Number: 621.943 071 Ger h
Keywords: Gambar Teknik; Disiplin Belajar;Sekolah; Mesin Bubut; Hasil Belajar; Membaca
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18783

Actions (login required)

View Item View Item