PENGARUH MODEL CTL (CONTEXUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/ 2013

Sitorus Pane, Chairul Fadli (2013) PENGARUH MODEL CTL (CONTEXUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508331013 Cover.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Bab I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Bab V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik pada pokok bahasan Memahami Prinsip Kerja Pengoperasian Sistem Pengendali Elektromagnetik yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran CTL pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 (satu) Lubuk Pakam tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 (satu) Lubuk Pakam tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-L1 (Sebelas Listrik Satu) jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan Model Pembelajaran CTL) adalah kelas XI LISTRIK 1 yang berjumlah 35 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol (kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori) adalah kelas XI LISTRIK 2 yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Memahami Prinsip Kerja Pengoperasian Sistem Pengendali Elektromagnetik yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran CTL memiliki skor rata-rata 24.3 sedangkan dengan menggunakan Model Ekspositori memiliki skor rata-rata 20,8. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran CTL 78,38 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Ekspositori 67,09 pada mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik di kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012/ 2013, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 4.2> 1,692

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Pintauli195204211976032002
Call Number: 621.307 19 Pan p
Keywords: Belajar; Elektromagnetik; Kontruktivisme; Inkuiri; Masyarakat
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18747

Actions (login required)

View Item View Item