HUBUNGAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK DRAMA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PEMENTASAN DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sari, Desi Puspita (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK DRAMA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PEMENTASAN DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2122111006_COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2122111006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2122111006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2122111006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2122111006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2122111006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2122111006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2122111006_BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2122111006_BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2122111006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman unsur intrinsik drama terhadap kemampuan memahami pementasan drama yang dilaksanakan pada bulan Januari 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini sebanyak 38 orang siswa dari jumlah populasi keseluruhan 320 siswa. Metode yang digunakan dalam pemelitian ini adalah metode deskriptif dalam bentuk kajian korelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson (r) dengan rumus: Dari pengolahan data diperoleh hasil pemahaman unsur intrinsik drama dengan rata-rata= 81,3, standar deviasi= 8,55 dan termasuk pada kategori baik. Kemudian hasil kemampuan memahami pementasan drama diperoleh rata-rata= 83,55, standar deviasi= 7,42 dan termasuk pada kategori baik. Dari uji data hasil pemahaman unsur intrinsik drama dan kemampuan memahami pementasan drama didapat keduanya berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang berarti dan linier. Setelah uji persyaratan analisis dipenuhi, maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis dan diperoleh r= 0,920. Harga ini kemudian dikonsultasikan dengan sebesar 0,320 dengan taraf signifikansi 5%. Karena > , maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemahaman unsur intrinsik drama terhadap kemampuan memahami pementasan drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar, Azhar19600611195031002
Call Number: SK-2016 IND 028
Keywords: Pemahaman Unsur Intrinsik Drama; Pemahaman Pementasan Drama.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item View Item