HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DANMINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN DASAR SURVEY PADA SISWA KELAS XIPROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUNAJARAN 2012/2013. SKRIPSI, FAKULTAS TEKNIK UNIMED, MEDAN 201

Suhendro, Dedek (2013) HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DANMINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN DASAR SURVEY PADA SISWA KELAS XIPROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUNAJARAN 2012/2013. SKRIPSI, FAKULTAS TEKNIK UNIMED, MEDAN 201. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508111014 Judul.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Abstrak.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Bab I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Bab V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Sumber Belajar dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pengukuran Dasar Survey Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai dengan jumlah responden30 orang. Data penelitian variabel Penggunaan Sumber Belajar (X1) dijaring dengan angket. Minat Belajar (X2) dijaring dengan angket. Dan Hasil belajar Pengukuran Dasar Survey (Y)dijaring dengan Observasi.Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel Penggunaan Sumber Belajar (X1) 25 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,86 pada taraf signifikansi 5%. (2)variabel Minat Belajar (X2) 24 soal yang valid, reliabilitas yang sangat tinggi sebesar 0,84 pada taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan chi-kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel Penggunaan Sumber Belajar (X1) yaitu &#967;²hit = 8,751 < &#967;²tab = 11,07 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) variabel Minat Belajar (X2) yaitu &#967;²hit= 9,923 < &#967;²tab = 11,07 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (3) variabel hasil belajar Pengukuran Dasar Survey (Y) yaitu &#967;²hit = 9,989 < &#967;²tab = 11,07 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresim sederhana Y atas X1 yaitu &#374; = 81,89 - 0,12X1, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X1yaitu Fhit = 0,95 < Ftab = 3,96 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu &#374; = 77,804 + 2,13 X2, ujikelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhit = -0,815 < Ftab = 2,72 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) variabel Penggunaan Sumber Belajar (X1) dengan hasil belajar Pengukuran Dasar Survey (Y) yaitu rhit = 0,57 > rtab = 0,361menunjukkan korelasi positif dan berarti. (2) Minat Belajar (X2) dengan hasil belajar Pengukuran Dasar Survey (Y) yaitu rhit = 0,52 > rtab 0,361 menunjukkan korelasi positif danberarti pada taraf signifikansi 5%. Terdapat hubungan positif dan berarti secara bersama-sama antara Penggunaan Sumber Belajar (X1) dan Minat belajar (X2) dengan hasil belajar Pengukuran Dasar Survey (Y) yaitu rhitung > rtabel (0.66 > 0.361) menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat hubungan yang positif dan berartiantara Penggunaan Sumber Belajar (X1) dengan hasil belajar Pengukuran Dasar Survey (Y). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar (X2) dengan hasil belajarPengukuran Dasar Survey (Y). Dan terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara Penggunaan Sumber Belajar (X1) dan Minat belajar (X2) dengan hasilbelajar Pengukuran Dasar Survey (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKristian, 196012241986011002
Call Number: 693.071 Suh h
Keywords: Konstruksi; Bangunan; Batu; Beton; Sumber belajar; Survey; Pengukuran; Minat; Tehnik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH6014 Environmental engineering of buildings. Sanitary engineering of buildings
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item View Item