HUBUNGAN TINGKAT EKONOMI KELUARGA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN SMK IMMANUEL MEDAN T.A. 2011/2012

Silalahi, Radot Marulitua (2012) HUBUNGAN TINGKAT EKONOMI KELUARGA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN SMK IMMANUEL MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Cover_docx.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_doc.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka_docx.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Tingkat Ekonomi Keluarga Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Pada Siswa Tingkat I Program Keahlian Teknik Mesin SMK Immanuel Medan T.A. 2011/2012 yang terdiri dari 1 kelas sebanyak 35 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional yaitu untuk mengetahui hubungan antara Tingkat Ekonomi Keluarga Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Pada Siswa Tingkat I Program Keahlian Teknik Mesin SMK Immanuel Medan T.A. 2011/2012 yang berjumlah 35 orang dengan sampel sebanyak 32 orang. Untuk mendapatkan data Tingkat Ekonomi Keluarga Dan Kecerdasan Emosional dijaring dengan menggunakan angket dan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa dijaring dengan menggunakan dokumentasi nilai Formatif. Sebelum angket dipergunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument penelitian yang dilaksanakan di SMK N 1 Percut Sei Tuan. Jumlah angket dalam Penelitian terdiri dari 30 butir pada variable Tingkat Ekonomi Keluarga dan 30 butir pada variable Kecerdasan Emosional. Diperoleh 26 butir angket yang valid untuk Tingkat Ekonomi Keluarga dengan reliabilitas 0,890 yang dikategorikan tinggi; 27 butir angket yang valid untuk Kecerdasan Emosional dengan reliabilitas 0,901 yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian kedua variabel memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi. Tingkat kecenderungan Tingkat Ekonomi Keluarga Siswa Tingkat I Program Keahlian Teknik Mesin SMK Immanuel Medan T.A. 2011/2012 berada dalam kategori cukup 56,25% sementara Kecerdasan Emosional berada dalam kategori cukup 68,75% dan Hasil Belajar Menggambar Teknik juga berada dalam kategori cukup 62,50%. Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini diperoleh bahwa 1) Tingkat Ekonomi Keluarga dengan Hasil Belajar menggambar Teknik (Ha diterima) dengan r1 = 0,378 > rtabel = 0,349 dan besar thitung = 2,053 > ttabel = 1,697 ; 2) Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik (Ha diterima) dengan r2 = 0,397 > rtabel = 0,349 dan besar thitung = 2,586 > ttabel = 1,697; 3) Tingkat Ekonomi Keluarga Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik (Ha diterima) dengan R hitung = 0,452 > Rtabel = 0,349 dan besar Fhitung 3,73 > Ftabel = 3,33.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Benyamin195406151982011001
Call Number: 620.071 Sil h
Keywords: Ekonomi Keluarga; Kecerdasan Emosional; Menggambar Teknik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18691

Actions (login required)

View Item View Item