EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SEMESTER GENAP SMAN 1 SIBORONGBORONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Simamora, Bertha Ani (1993) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SEMESTER GENAP SMAN 1 SIBORONGBORONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 311111001 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3111111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3111111001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3111111001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3111111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3111111001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3111111001 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3111111001 LIST APPENDICES.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3111111001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3111111001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3111111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam memahami mata pelajaran PKn, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas penerapan model pembelajaran TTW dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajaran PKn di kelas X Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Siborongborong yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No. 153 pada Tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Siborongborong Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X IPA 3 SMAN 1 Siborongborong berjumlah 37 orang sebagai perwakilan yang akan diteliti. Teknik Pengambilan data yang dilakukan adalah melalui Pengamatan dengan Lembar Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses belajar mengajar yang dilakukan di kelas X-5 SMAN 1 Siborongborong dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran PKn pada standar kompetensi Menganalisis Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi. Cara yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran PKn adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write tersebut dengan merancangnya agar lebih menarik dan interaktif serta komunikatif dengan melibatkan siswa secara langsung untuk berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Pada pelaksanaan siklus I, keseluruhan aspek minat belajar rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 2,20 yang tergolong ke dalam penilaian kurang dengan persentase 55,35 % dan pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II minat belajar siswa mengalami peningkatan, yang dapat dilihat dari perolehan skor hasil observasi dari keseluruhan aspek minat dimana setiap aspek skor rata-rata yang diperoleh adalah 3,2 dengan persentase 81,2 %. Peningkatan skor yang diperoleh dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25,85 % sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Liber196409171990031003
Call Number: SK-2015 PKN 041
Keywords: Model Pembelajaran TTW, Minat Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18499

Actions (login required)

View Item View Item