PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TELUK MENGKUDU SATAP TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Manullang, Endang N.Y (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TELUK MENGKUDU SATAP TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2103111020 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2103111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2103111020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2103111020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2103111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2103111020 TABLES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2103111020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2103111020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran komunikatif terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 60 orang siswa. sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode pembelajaran komunikatif di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 82.93, standar deviasi = 7.36 sedangkan kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode ekspositori di kelas kontrol masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 66.76, standar deviasi = 5.19. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol di dapat kedua data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 9.74. selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 30-1 = 29 dari df = 30 diperolah taraf signifikan 5% = 2.04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 9.74 > 2.04, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran komunikatif terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2016 IND 023
Keywords: Metode Pembelajaran Komunikatif; Menulis Teks Diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item View Item