PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Akbar, Harry (2016) PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2122111010 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2122111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2122111010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2122111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2122111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2122111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2122111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2122111010 BAB I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2122111010 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2122111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Picture and Picture terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Galang tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 242 siswa. Dari 242 siswa, ditetapkan 32 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi sebelum menggunakan model picture and picture masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 61,25, sedangkan kemampuan siswa menulis puisi sesudah menggunakan model picture and picture masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79,68. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (5,75) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_a diterima, hal ini berarti ada pengaruh model picture and picture terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Galang tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis puisi sesudah menggunakan model picture and picture lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model picture and picture, proses pembelajaran sesudah menggunakan model picture and picture berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: SK-2016 IND 040
Keywords: Picture and Picture; Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2016 04:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item