PERANAN PERGURUAN TAMAN SISWA TERHADAP PENDIDIKAN DI KOTA KISARAN KABUPATEN ASAHAN (1930 - 2013)

Armayani, Yesi (2014) PERANAN PERGURUAN TAMAN SISWA TERHADAP PENDIDIKAN DI KOTA KISARAN KABUPATEN ASAHAN (1930 - 2013). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3102121016 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3102121016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3102121016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3102121016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3102121016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3102121016 BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 3102121016 BAB V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 3102121016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang berdirinya Perguruan Tamansiswadi Kota Kisaran, untuk mengetahui peranan Perguruan Tamansiswa dibidang pendidikan diKota Kisaran, untuk mengetahui usaha – usaha yang dilakukan Perguruan Tamansiswa dalammemajukan pendidikan di Kota Kisaran, untuk mengetahui dampak Perguruan Tamansiswadalam memajukan pendidikan di Kota Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkualitatif dengan metode Penelitian Lapangan (Field Research) dan Study Pustaka (LibraryResearch). Langkah pertama yang dilakukan peneliti adalah melakukan penelitian langsungke lokasi penelitian kemudian mengumpulkan dan menelaah data – data yang diperoleh daribuku - buku, arsip – arsip yang berkaitan dengan peranan Perguruan Taman Siswa terhadappendidikan di Kota Kisaran. Penelitian lapangan (field research) dilakukan dengan teknikobservasi terhadap Perguruan Taman Siswa Kisaran. Selanjutnya data diperoleh melaluiwawancara kepada ketua bagian Perguruan Taman Siswa Kisaran yaitu Ki. Giyono, AS.S.Pd. Alumni Perguruan Taman Siswa, Masyarakat, dan Guru. Dari data yang dikumpulkandiketahui bahwa berdirinya Perguruan Taman Siswa Kisaran dikarenakan bertemunyapemuda Yogyakarta dengan pedagang yang berasal dari Kota Kisaran yang inginmembangun pendidikan di Kota Kisaran melalui Perguruan Taman Siswa. Di karenakan KotaKisaran adalah kota kelahiran peneliti, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitianmengenai Peranan Perguruan Taman Siswa di Kisaran. Kesimpulan dari hasil penelitian iniadalah ada 3 ciri khas pendidikan Perguruan Taman Siswa di Kisaran, berisikan yaitu (1).Pendidikan berdasarkan Pancasila. (2). Pendidikan berciri khas Pancadharma, yaitu kodratalam, kemerdekaan, kebudayaan, kebangsaan, dan kemanusiaan. Dan (3). Penerapan ciri khasPancadharma dalam pelaksanaan pendidikan nasional Pancasila yang berasaskan kodrat alam,kemerdekaan, dan kebudayaan, yang kemudian berperan penting untuk pembentukan moraldan etika anak – anak bangsa, khususnya Kota Kisaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Flores19610801 196801 2 001
Call Number: 370.959 81 Arm p
Keywords: Peranan;Perguruan Taman Siswa
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18370

Actions (login required)

View Item View Item