PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN SMALL GROUP DISSCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMPN 1 LAEPARIRA TAHUNPELAJARAN 2013-2014

Butar-Butar, Tumpak Roni Tua (2014) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN SMALL GROUP DISSCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMPN 1 LAEPARIRA TAHUNPELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111077-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan modelpembelajaran Small Group Disscussion dapat meningkatkan hasil belajar PKnsiswa di kelas VIII-2 SMP N 1 Laeparira T P 2013 2014 Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Laeparira pada semester ganjil T P 2013 2014 dengan subjek siswa kelas VIII 2 yang berjumlah 40 orang Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus dimanadalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi danrefleksi Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar post test dan pre test Sedangkan tehnik analisis data adalah dengan reduksi data penyajian data dan kesimpulanBerdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa memperlihatkan bahwaterjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu Pada siklus I hasil belajar yangdiperoleh adalah 50 20 siswa dengan rata rata 61 7 sedangkan pada siklus IIterdapat peningkatan yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh menjadi 82 5 33siswa dengan rata-rata 78 jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 325 Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Small GroupDisscussion di kelas VIII 1 SMPN 1 Laeparira T P 2013 2014 membuktikanpeningkatan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Liber196409171990031003
Call Number: 181.160 712 but p
Keywords: Belajar; Ciri ciri; Komponen komponen; Model; Pembelajaran; Small Group discussion; Hasil belajar; Pkn; Penelitian tindakan kelas PTK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18079

Actions (login required)

View Item View Item