PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMPN 2 SIBOLANGIT TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Destaria, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMPN 2 SIBOLANGIT TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311013-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Sibolangit jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together NHT yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMPN 2 Sibolangit Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Sibolangit tahun pelajaran 2013-2014 yaitu sebanyak 103 orang dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 orang Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh observer Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi dengan menyimpulkan apakah dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together NHT terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKn Pada pelaksanaan siklus I keseluruhan aspek penilaian terhadap kemampuan siswa maka rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 2 2 dan tergolong ke dalam kriteria penilaian sedang dengan persentase 56 0 Kemudian dilakukan perbaikan terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siklus II pada siklus II ini terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat yang dapat dilihat dari rata rata skor yang diperoleh siswa berdasarkan kesepuluh aspek penilaian yaitu 32 24 dengan persentase 80 61 Dalam hal ini dapat dilihat peningkatan yang terjadi dari hasil pembelajaran siklus I dengan pembelajaran siklus II yaitu sebesar 24 60 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together NHT dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMPN 2 Sibolangit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Liber1964091719990031003
Call Number: 181.160 712 des p
Keywords: Model pembelajaran kooperatif; Tipe NHT; Langkah langkah; Kemampuan mengemukakan pendapat; Pembelajaran Pkn
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18067

Actions (login required)

View Item View Item