PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG WARGA NEGARA DAN PEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA SWASTA BINTANG TIMUR 1 BALIGE TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Silitonga, Yanti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG WARGA NEGARA DAN PEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA SWASTA BINTANG TIMUR 1 BALIGE TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311059-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Artikulasi untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan materi pokok warga negara dan pewarganegaraan di kelas X SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige Tahun Pelajaran 2013/2014. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige yang berjumlah 260 orang siswa dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-F yang berjumlah 37 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, angket dan test hasil belajar. Teknik analisis data dengan korelasi Product Moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini dapat diketahui pada penerapan model pembelajaran pada siklus I dan siklus II, yang mana nilai yang diperoleh pada siklus II lebih baik dibangdingkan pada siklus I. Siswa lebih banyak tuntas nilainya pada siklus II, hampir mencapai 100 % yaitu 36 siswa (97,3 %). Dalam pembuktian apakah hipotesis diterima dan ditolak dengan harga kritik rtabel untuk n = 37 pada taraf signifikan 5% adalah sebesar 0,325, sedang rhitung sebesar 0,727. Dengan demikian rhitung > rtabel, maka dalam hal ini hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Call Number: 181.160 712 Sil p
Keywords: Belajar; Mengajar; Metode; Model Pembelajaran; Artikulasi; Pemahamaman
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18064

Actions (login required)

View Item View Item