PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X MAS MIFTAHUSSALAM MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nainggolan, Ahmad Sayuti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X MAS MIFTAHUSSALAM MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-COVER.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111004-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktual mengenai penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas X MAS Miftahussalam MedanPenelitian ini dilakukan di MAS Miftahussalam Medan. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Pembelajaran Numbered Head Together. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas belajar dan hasil belajar (pre test dan post tes). Pada saat pre test berlangsung siswa yang tuntas hanya sebanyak 6 orang siswa (22,22%) dan ini masih tergolong rendah. Oleh sebab itu dilakukan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 7,40%, yaitu 29,62% atau sebanyak 8 siswa yang tuntas. Karena hasil tersebut masih tergolong rendah, maka dilakukan siklus ke II dengan peningkatan sebesar 51,86 atau sebanyak 22 siswa tuntas dalam hal ini siswa sudah mengalami peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Miftahussalam. Sedangkan Sampel nya semua siswa kelas X berjumlah 27 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus tabel frekuensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, RosanaUNSPECIFIED
Call Number: 181.160 712Nai p
Keywords: Belajar;Model Pembelajaran;Tipe HNT; Pendidikan Kewaganegaraan;Hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18058

Actions (login required)

View Item View Item