PERANAN GURU PKN DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA BAGI SISWA DI SMA NEGERI I GAROGAKABUPATEN TAPANULI UTARA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Manalu, Rongga (2014) PERANAN GURU PKN DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA BAGI SISWA DI SMA NEGERI I GAROGAKABUPATEN TAPANULI UTARA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3103311051-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan guru PKn dalam penerapan nilai-nilai pancasila bagi siswa SMA Negeri 1 Garoga tahun pelejaran 2013/2014. Adapun Jumlah populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA N 1 Garoga yang berjumlah 331 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Garoga kelas XI-b IPS yang berjumlah 40 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara observasi, penyebaran angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara mempresentasikan data-data yang diperoleh penelitian, kemudian dianalisis dan ditabulasi dalam sistematika sehingga lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Peranan guru PKn dalam penerapan nilai-nilai pancasila bagi siswa SMA Negeri 1 Garoga tahun pelajaran 2013/2014 yaitu keaktifan guru PKn dalam penerapan nilai-nilai pancasila seperti bersikap sopan, menghargai orang lain, dan menunjukkan saling hormat menghormati baik kepada guru dan juga antar siswa dan orang yang lebih tua dari siswa tersebut. serta usaha yang dilakukan guru dalam pembentukan etika, moral siswa semakin baik dan selalu bertingkah laku positif, Pembelajaran PKn yang diberikan di sekolah etika, moral siswa semakin terbentuk sesuai dengan kpibadian pancasila, Guru PKn melakukan usaha pembinaan etika dan moral, peserta didik yaitu melalui kerja sama dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Buha195010101976031007
Call Number: 181.160 712 Man p
Keywords: Guru;Peranan;Nilai-Nilai Pancasila; Variabel Penelitian;Analisis Data
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18055

Actions (login required)

View Item View Item