PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VIII DI MTS SWASTA BUSTANUL FALAH KEC. SEI DADAP

Yusnita, Irma (2012) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VIII DI MTS SWASTA BUSTANUL FALAH KEC. SEI DADAP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 308321033 Cover.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 308321033 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 308321033 Abstrak.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 308321033 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 308321033 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 308321033 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 308321033 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 308321033 Bab I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 308321033 Bab V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 308321033 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran (role playing) terhadap minat belajar sejarah siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs S Bastanul Falah Kec. Sei Dadap yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 90 siswa pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama berjumlah 30 orang dan kelas kedua berjumlah 30 orang, sehingga total sampel 60 orang. Pada kelas pertama pembelajaran dilakukan tanpa menggunakan metode bermain peran (role playing) dan kelas kedua dilakukan dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). Instrumen penelitian yang dilakukan adalah menggunakan angket, yaitu dengan membagikan angket kepada siswa pada kelas kontrol dan pada kelas eksperimenDari hasil perhitungan angket didapat uji validitas angket r11 = 0,859 yang berarti lebih besar dari rtabel 0.361 (0,859 > 0,361). Dan rata – rata minat siswa pada kelas eksperimen yaitu 88,06 dengan standard deviasi 5,81. Dan rata – rata minat siswa pada kelas kontrol diperoleh 50,00 dengan standard deviasi 7,34.Dari hasil uji t dimana harga thitung = 3,85 > ttable = 2,00 pada taraf nyata 𝛼=0,05 dan dk = (30 + 30 -2) = 58 dimana thitung > ttabel dengan demikian ada pengaruh pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran (role playing) dikelas VIII Mts Swasta Bastanul Falah Kec. Sei Dadap terhadap minat belajar sejarah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Samsidar195906261986012001
Call Number: 950.071 Yus p
Keywords: Strategi pembelajaran; Minat belajar; Role playing; Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17559

Actions (login required)

View Item View Item