PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI KELAS X SMA NEGERI 1 SALAK KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Manik, Kalemer (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI KELAS X SMA NEGERI 1 SALAK KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 071233220045 Cover.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 071233220045 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 071233220045 Abstrak.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 071233220045 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 071233220045 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 071233220045 Bab I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 071233220045 Bab V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 071233220045 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum pemanfaatan perpustakaan sekolah pada Mata Pelajaran Sejarah materi Ruang Lingkup Sejarah, (2) Hasil belajar siswa setelah pemanfaatan perpustakaan sekolah pada Mata Pelajaran Sejarah materi Ruang Lingkup Sejarah.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas X SMA Negeri I Salak sebanyak 34 siswa. Perlakuan yang diberikan kepada penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa dengan pemanfaatan Perpustakaan Sekolah pada proses pembelajaran Sejarah dengan materi ruang lingkup sejarah.Dari analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa, (2) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terbukti efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa, sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan: “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal Sejarah pada materi ruang lingkup sejarah, hingga persentase ketuntasan klasikal mencapai 91%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyarifah, 195907031986012001
Call Number: 950.071 Man p
Keywords: Belajar; Sejarah; Perpustakaan
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item