PERAN MATA PELAJARAN PKN SEBAGAI MEDIA DALAM MEMBINA SISWA MENJADIWARGANEGARA YANG DEMOKRATIS (STUDI ANALISIS TERHADAP SISWA SMA RAKSANAMEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Butarbutar, Manuela (2013) PERAN MATA PELAJARAN PKN SEBAGAI MEDIA DALAM MEMBINA SISWA MENJADIWARGANEGARA YANG DEMOKRATIS (STUDI ANALISIS TERHADAP SISWA SMA RAKSANAMEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 309111044 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111044 BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111044 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dalamkegiatan proses belajar mengajar dalam Pendidikan Kewarganegaraan serta untukmengetahui peran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai media dalam membinasiswa sebagai warganegara yang demokratis (Studi Analisis terhadap siswa SMARaksana Medan T.P 2012/2013). Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 20 Maretsampai dengan 20 Mei 2013. Lokasi penelitian dilaksanakan di sekolah SMARaksana Jalan Gajah Mada Kecamatan Medan Petisah, Medan. Populasi dalampenelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas X SMA Raksana Medan. Penelitian inimenggunakan Sampel acak sederhana yaitu 20 % dari 235 jumlah siswa kelas XSMA Raksana Medan yaitu 47 siswa yang dianggap dapat mewakili populasi.Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Raksana Medan. Adapunmetode pengumpulan data penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, danangket terhadap siswa kelas X SMA Raksana Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.Adapun variabel dalam penelitian ini adalah Peran Mata Pelajaran PKn dalamMembina Siswa menjadi Warganegara yang Demokratis. Tehnik Analisis Datayang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasilkesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah Mata pelajaran PKnsebagai media dalam membina siswa menjadi warga negara yang demokratismemiliki pengaruh yang besar dalam membentuk siswa menjadi warga negarayang demokratis, karena mata pelajaran PKn adalah mata pelajaran yang sangatmembina siswa untuk menjadi warga negara yang demokratis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Buha1950101019760311007
Call Number: 181.160 712 But p
Keywords: Peranan; Pendidikan kewarganegaraan; Cir - ciri; Tujuan dan fungsi; Media; Konsep demokratis; Nilai - nilai.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17283

Actions (login required)

View Item View Item