PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VII MTS NURUL HIKMAH AEK GERGER KECAMATAN UJUNG PADANG KABUPATEN SIMALUNGUN

Pradana, Tri Janu (2013) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VII MTS NURUL HIKMAH AEK GERGER KECAMATAN UJUNG PADANG KABUPATEN SIMALUNGUN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 309311053 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 309311053 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 309311053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 309311053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 309311053 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 309311053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 309311053 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 309311053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 309311053 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 309311053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 309311053 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 309311053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 309311053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 309311053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 309311053 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 309311053 BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 309311053 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 309311053 BAB V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 309311053 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 309311053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VII MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun. Penelitian ini dilakukan di sekolah MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara atau metode yang mengambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan.Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan angket. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di kelas VII MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Kecamatan Ujung Padang Kabupataen Simalungun yang berjumlah 71 Siswa yang terdiri dari 2 kelas, sekaligus dijadikan sebagai sampel. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus tabel frekuensi.Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis terhadap guru PKn dan siswa MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun yang berjumlah 71 orang, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru PKn sangat besar dalam mengatasi kenakalan siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha-usaha yang dilakukan guru PKn dalam mengatasi kenakalan siswa kelas VII MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun, baik pada saat jam pelajaran (di dalam kelas) atau pada saat diluar jam pelajaran. Dalam mengatasi kenakalan siswa kelas VII MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun, guru PKn juga sangat berperan besar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kegiatan-kegiatan posistif yang dilakukan peserta didik, baik terhadap guru selaku pendidik maupun terhadap teman-temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 181.160 712 Pra p
Keywords: Guru; Karakteristik; Mata pelajaran PKN; Siswa; Kenakalan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 20 Dec 2016 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17282

Actions (login required)

View Item
View Item