PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA KELAS XII SMA/MA SEMESTER II TERINTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTEK

Ikhwani, (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA KELAS XII SMA/MA SEMESTER II TERINTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTEK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8146142018 JUDUL.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8146142018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8146142018 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8146142018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8146142018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8146142018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8146142018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8146142018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8146142018 BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8146142018 BABV.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8146142018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah (1) Memberikan sumber informasi standarisasi BSNP dari buku ajar kimia kelas XII Semester II yang diinternalisasikan nilai karakter yang telah dikembangkan,(2) Untuk melihat hasil belajar siswa yang diajarkan dengan buku yang telah dikembangkan. (3) Untuk mengetahui hasil pengamatan sikap siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan manfaat berupa; (1) Adanya buku ajar yang sesuai standar BSNP yang layak digunakan untuk mengajar dan belajar bagi guru dan siswa di sekolah. (2)Menambah pengetahuan dan informasi ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa: metode Research and Development dengan menggunakan Standarisasi BSNP pada buku ajar yang divalidasi oleh guru-guru di kota langsa dan uji Penerapan pada buku yang telah dikembangkan serta melakukan proses pengamatan terhadap sikap siswa dalam belajar. Pembahasan ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di sekolah Madrasah Ulumul Qur`an Kota langsa, terungkaplah bahwa: (1) Dari hasil pengembangan buku ajar setelah di validasi oleh guru dan di perbaiki kembali lalu di validasi oleh guru untuk terakhir kali di perolehlah hasil berupa: (a) Standar penilaian kelayakan isi buku berada pada nilai 4.18 yang berarti sudah valid dan tidak perlu di revisi. (b) Standar penilaian kelayakan bahasa berada pada nilai 4.64 yang berarti sangat valid dan tidak perlu di revisi. (c) Standar penilaian penyajian buku berada pada nilai 4.6 yang berarti sangat valid dan tidak perlu di revisi. dan (d) Standar penilaian kegrafikan buku berada pada nilai 4.5 yang berarti sangat valid dan tidak perlu di revisi. Dari hasil penilaian keseluruhan buku maka terlihat bahwa buku hasil pengembangan termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai sumber bahan belajar. (2) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan buku ini menunjukan terjadinya peningkatan pengetahuan bagi siswa dari skala rata-rata nilai pretes 43.3 menjadi postes 91.66. ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan sebesar 84.78%. (3) Selain terjadinya kenaikan hasil belajar penggunaan buku ajar ini memberikan pengaruh berupa perubahan karakter siswa menjadi lebih baik serta menambah semangat siswa belajar hal ini ditunjukan dari nilai pengamatan terhadap sikap diskusi yang dilakukan siswa dengan skor kerjasama rata-rata 2.4 yang berarti cukup baik, skor rasa ingin tahu rata-rata 2.8 yang berarti baik, skor sikap santun rata-rata 2.6 yang berarti baik dan skor komunikasi rata-rata adalah 3.1 yang berarti baik. Kesimpulannya ialah; 1) Hasil pengembangan buku telah sangat valid dan layak digunakan, 2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 84.78%. 3) Terjadi perubahan sikap (karakter) yang lebih baik pada siswa terutama pada sikap komunikasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: 540.071 2 Ikh p
Keywords: Buku ajar; Standarisasi BSNP; Hasil belajar; Karakter siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2016 03:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17132

Actions (login required)

View Item View Item