DESAIN KUESIONER KEPUASAN KERJA DAN ASESMEN KEPUASAN KERJA GURU PROFESIONAL

Hutabarat, Wesly (2015) DESAIN KUESIONER KEPUASAN KERJA DAN ASESMEN KEPUASAN KERJA GURU PROFESIONAL. Lembaga Penelitian Unimed, Medan. ISBN 978-602-14729-6-5

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi informatika telah jauh merasuk ke dalamdunia pendidikan, sehingga mempengaruhi pembelajaran disemua tingkatanpersekolahan di Indonesia. Peningkatan kepuasan kerja guru perlu diperhatikan dan diukur untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Perubahan budaya organisasi sekolah dengan sendirinya terjadi akibat perkembangan internet yang sedemikian cepat dalam dunia pendidikan. Demikian juga dengan terjadinya perubahan struktur organisasi dari struktur organisasi birokrasi Weber ke sistim manajemen berbasis sekolah yang lebih partisipatif yang melimpahkan sebahagian kekuasaan atau wewenang dalam pengambilan keputusan persekolahan kepada guru, orangtua dan kepala sekolah dari pemerintah pusat akan memberikan dampak positip terhadap kepuasan kerja guru.Sebagai konsekuensi dari pelaksanaan sertifikasi guru, maka pemerintahmemberikan tunjangan sertifikasi guru yang selanjutnya memberikan dampak positip terhadap tingkat kepuasan guru. Dengan demikian kedua variabel budaya organisasi, dan peribahan struktur organisasi secara langsung atau tak langsung akan memberikan dampak positip terhadap motivasi kerja guru dan kemudian akan mempengaruhi kepuasan kerja guru.Dengan adanya berbagai terobosan perubahan dan pengembangan dalam duniapendidikan di Indonesia, maka sangat penting untuk mengukur kinerja guru setiap saat, agar dapat digunakan sebagai acuan dalam peningkatan proses pembelajaran siswa, karena guru yang terpuaskan dalam pekerjaannya tentu akan lebih produktif.

Item Type: Book
Call Number: 371.11 Hut d
Keywords: Budaya organisasi; Struktur organisasi; Motivasi kerja; Kepuasan kerja; Guru
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item