PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEI KANAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Ekawati, Setia (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEI KANAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113111081 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111081 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111081 BAB I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111081 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 (lima) kelas yang berjumlah 138 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain one group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks eksplanasi kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 63,29, sedangkan kemampuan siswa menulis teks eksplanasi kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,14.Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan (4,68) > (2,00) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan ditolak dan diterima, berarti ada Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Dan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito19581006 198503 1 011
Call Number: SK-2015 IND 111
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15628

Actions (login required)

View Item View Item