PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS DRAMA OLEH SISWA KELAS XI MAS MIFTAHUL FALAH DISKI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Lubis, Meilan Rahmah Denny (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS DRAMA OLEH SISWA KELAS XI MAS MIFTAHUL FALAH DISKI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2111511003 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111511003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111511003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111511003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111511003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111511003 TABLES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111511003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111511003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111511003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111511003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menganalisis struktur teks drama oleh siswa kelas XI MAS Miftahul Falah. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 172 orang dan sampel yang diambil secara acak sebanyak 72 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menganalisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Post Test Only Control Design Group. Pengujian hipotesis dilakukam dengan menggunakan uji . Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil kemampuan dengan kategori baik yang ditunjukkan oleh rata-rata menganalisis struktur teks drama menggunakan model pembelajaran inkuiri (post test) 69,86 dengan standar deviasi 11,21. Secara rinci, kategori pencapaian pengaruh model pembelajaran inkuiri, kategori sangat baik 3 siswa atau 8,33%; kategori baik 20 siswa atau 55,55%; kategori cukup 10 siswa atau 27,77%; kategori kurang 3 siswa atau 8,33%; kategori sangat kurang 0 siswa atau 0%. Sedangkan hasil kemampuan dengan kategori cukup yang ditunjukkan oleh rata-rata menganalisis struktur teks drama menggunakan model pembelajaran konvensional (post test) 55,97 dengan standar deviasi 12,12. Kategori pencapaiannya yaitu kategori sangat baik 0 siswa atau 0%; kategori baik 7 siswa atau 19,44%; kategori cukup 19 siswa atau 52,8%; kategori kurang 6 siswa atau 16,7%; kategori sangat kurang 4 siswa atau11,11%. Dari uji homogenitas didapat sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to = 3,59, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00. Karena toyang diperoleh lebih besar darittabel yaitu 3,59>2,00, maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri dalam menganalisis struktur teks drama dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas XI MAS Miftahul Falah Diski Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul19591124 198601 1 002
Call Number: SK-2015 IND 065
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Kemampuan Menganalisis; Struktur Teks Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15584

Actions (login required)

View Item View Item