PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PADA PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA SMA YPK MEDAN

Ramadhani, Rahmi (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PADA PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA SMA YPK MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8136172068 Judul.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136172068 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136172068 Abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136172068 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136172068 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136172068 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136172068 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136172068 Bab I.pdf - Published Version

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136172068 Bab V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136172068 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada problem based learning yang efektif dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA YPK Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model pengembangan perangkat 4D menurut Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Pada uji coba keterbacaan diperoleh validasi dan reliabilitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan sebesar 0,8904, hasil reliabilitas instrumen pengamatan sebesar 84,21% serta validasi dan reliabilitas tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar valid dan reliabel tinggi (0,656). Uji coba lapangan dilaksanakan di kelas XI MIA-1 SMA YPK Medan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong ke dalam kriteria baik karena telah teruji validitasnya. Hasil pelaksanaan perangkat pembelajaran pada tahap implementasi termasuk kriteria praktis. Efektivitas pengembangan perangkat pembelajaran ini diperoleh dari data TKPMM siswa yang tuntas belajar yakni 86,84% secara klasikal dan respon positif siswa berada diatas 80%. Hasil uji coba lapangan pertama dan kedua yang diperoleh menunjukkan hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 0,27 (6,75%). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang signifikan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pada problem based learning yang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 510.071 2 Ram p
Keywords: Pengembangan; Perangkat pembelajaran; Problem based learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Apr 2016 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item