PENGARUH MEDIA TELEVISI SI BOLANG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Ardiani, (2015) PENGARUH MEDIA TELEVISI SI BOLANG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2102111003 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111003 TABLE.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 38 Medan pada tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media televisi Si Bolang terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 216 siswa. Sampel penelitian diambil secara random sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay dalam bentuk penugasan menulis teks deskripsi berdasarkan topik yang telah ditentukan. Dari hasil pengolahan data di lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 62,96 dan standar deviasi adalah 9,42. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 72,81 dan standar deviasi adalah 7,79. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t_hitung = 4,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 31. Pada tabel t dengan dk=31 diperoleh t_tabel=2,04. Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika t_hitung > t_tabel yaitu 4,49 > 2,04, maka dapat dinyatakan HO (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media televisi Si Bolang berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAdisaputera, Abdurrahman196710011994031001
Call Number: SK-2015 IND 167
Keywords: Media Televisi Si Bolang ; Teks Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item View Item