PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN PAIKEM

Purba, Yoel Octobe (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN PAIKEM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8126172041_COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8126172041_LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8126172041_SK TIDAK PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8126172041_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8126172041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8126172041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8126172041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8126172041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8126172041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 8126172041_BAB I.pdf - Published Version

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8126172041_BAB V.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 8126172041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model pembelajaran PAIKEM, (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model pembelajaran PAIKEM, (3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa (4) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap pemecahan masalah matematiS siswa, (5) mendeskribsikan kadar aktivitas aktif siswa selama proses model pembelajaran berbasis masalah. (6) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran PAIKEM. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP yang berakreditasi A di Kota Pematangsiantar. Secara acak, dipilih dua sekolah sebagai subyek penelitian, yaitu SMP Sw Bintang Timur Pematangsiantar dan SMP Sw Cinta Rakyat 1 Pematangsiantar. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari tujuh kelas. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan model pengajaran PAIKEM. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan (3) lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,873 dan 0,813 berturut-turut untuk kemampuan berpikir kreatif matematis dan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA) dan analisis varian (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model pembelajaran PAIKEM. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =23,645 lebih besar Ftabel adalah 3,92. Konstanta persamaan regresi untuk model pembelajaran berbasis masalah yaitu 50,11 lebih besar dari model pembelajaran PAIKEM yaitu 42,909. (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model pembelajaran PAIKEM. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung = 24,98 lebih besar Ftabel adalah 3,92. Konstanta persamaan regresi untuk model pembelajaran berbasis masalah yaitu 15,11 lebih besar dari model pembelajaran PAIKEM yaitu 9,00. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap pemecahan masalah matematis siswa (5) Kadar aktivitas aktif siswa telah memenuhi waktu persentase ideal yang ditetapkan dalam bab III. (6) Proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajaranya dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran PAIKEM.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, M.195205171977021001
Thesis advisorSurya, Edi196710191992031003
Call Number: 516.071 2 Pur p
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item