PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP SEMESTER I.

Hasibuan, Ivawani (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP SEMESTER I. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8106173029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8106173029 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8106173029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8106173029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8106173029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8106173029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8106173029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8106173029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8106173029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8106173029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8106173029 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8106173029 TABLES.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8106173029 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8106173029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8106173029 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8106173029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8106173029 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8106173029 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8106173029 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8106173029 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8106173029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8106173029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Biologi harus memberikan pengalaman belajar bagi siswa melalui
keterampilan praktikum. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran
Biologi yang dilaksanakan di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak
didapat hasil bahwa, pembelajaran berbasis proses sains jarang dilakukan oleh
guru karena ketidak mampuan guru dalam menguasai cara kerja di laboratorium
dan menyusun atau merancang bahan ajar berupa lembar kerja siswa untuk
kegiatan praktikum. Selain itu, LKS yang digunakan dalam pembelajaran hanya
berisi rangkuman materi dan soal-soal kognitif yang berorientasi pada
kemampuan mengetahui, memahami dan mengaplikasikan saja. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis keterampilan proses sains yang
layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi pada delapan materi
(Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan, Sistem Gerak Pada Manusia,
Sistem Pencernaan Pada Manusia, Sistem Pernapasan Pada Manusia, Sistem
Peredaran Darah Manusia, Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan, Fotosintesis,
Gerak Pada Tumbuhan). Peneliti berasumsi LKS yang dikembangkan dengan
basis keterampilan proses sains, efektif dalam meningkatkan keterampilan proses
sains. Proses penelitian dan pengembangan dimulai dengan perancangan desain
LKS, proses validasi ahli media, dan ahli materi, dan uji coba siswa terhadap
LKS. Hasil penilaian para ahli yaitu ahli materi dengan kriteria sangat baik (94%)
dan ahli media dengan kriteria sangat baik (89%), serta uji coba lapangan terbatas
terhadap siswa juga sangat baik (92%). Uji coba produk yang dikembangkan
dilaksanakan di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling menghasilkan kelas
VIIIA. Hasil nilai rata-rata postes siswa yaitu 83,38 ± 10,90 ( X ±SB), secara
signifikan lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan LKS
Biologi (38,88 ± 9,28) pada kedelapan materi. Sedangkan hasil nilai rata-rata
pretes siswa pada kelas kontrol tidak mempengaruhi nilai postes. Hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis keterampilan proses sains
layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi untuk meningkatkan
keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.707 12 Has p
Keywords: Pengembangan LKS; Keterampilan Proses Sains
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:53
Last Modified: 07 Apr 2016 01:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item
View Item