PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP SEMESTER I.

Hasibuan, Ivawani (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP SEMESTER I. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8106173029 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8106173029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8106173029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8106173029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8106173029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8106173029 TABLES.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8106173029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8106173029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8106173029 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8106173029 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8106173029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Biologi harus memberikan pengalaman belajar bagi siswa melalui keterampilan praktikum. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran Biologi yang dilaksanakan di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak didapat hasil bahwa, pembelajaran berbasis proses sains jarang dilakukan oleh guru karena ketidak mampuan guru dalam menguasai cara kerja di laboratorium dan menyusun atau merancang bahan ajar berupa lembar kerja siswa untuk kegiatan praktikum. Selain itu, LKS yang digunakan dalam pembelajaran hanya berisi rangkuman materi dan soal-soal kognitif yang berorientasi pada kemampuan mengetahui, memahami dan mengaplikasikan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis keterampilan proses sains yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi pada delapan materi (Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan, Sistem Gerak Pada Manusia, Sistem Pencernaan Pada Manusia, Sistem Pernapasan Pada Manusia, Sistem Peredaran Darah Manusia, Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan, Fotosintesis, Gerak Pada Tumbuhan). Peneliti berasumsi LKS yang dikembangkan dengan basis keterampilan proses sains, efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Proses penelitian dan pengembangan dimulai dengan perancangan desain LKS, proses validasi ahli media, dan ahli materi, dan uji coba siswa terhadap LKS. Hasil penilaian para ahli yaitu ahli materi dengan kriteria sangat baik (94%) dan ahli media dengan kriteria sangat baik (89%), serta uji coba lapangan terbatas terhadap siswa juga sangat baik (92%). Uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling menghasilkan kelas VIIIA. Hasil nilai rata-rata postes siswa yaitu 83,38 ± 10,90 ( X ±SB), secara signifikan lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan LKS Biologi (38,88 ± 9,28) pada kedelapan materi. Sedangkan hasil nilai rata-rata pretes siswa pada kelas kontrol tidak mempengaruhi nilai postes. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis keterampilan proses sains layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi untuk meningkatkan keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Thesis advisorSyarifuddin, 195911221986011001
Call Number: 570.707 12 Has p
Keywords: Pengembangan LKS; Keterampilan Proses Sains
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item