PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MEMBACA OK5R TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK YANG DIBACA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Damanik, Lidwina Oktarina (2013) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MEMBACA OK5R TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK YANG DIBACA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208111054 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111054 BAB I.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111054 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik membaca OK5R terhadap kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca siswa SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan sebanyak 407 orang. Sampel diambil secara acak kelas, lalu dari masing-masing kelas dipilih lagi 10 orang untuk kelas eksperimen dan 10 orang untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only design group. Instrumen yang digunakan adalah tes menceritakan kembali cerita anak dalam bentuk tes lisan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 72,8, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 57,6. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,68, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan df = (N1 +N2) - 2 = 18. Pada tabel t dengan df = 18 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,10 dan taraf signifikansi 1% = 2,88. Dari hasil pengujian menjelaskan bahwa t0 lebih besar dari ttabel yaitu 2,10<3,68>2,88 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik membaca OK5R berpengaruh positif terhadap kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSihombing, P19530510 197603 1 002
Call Number: 808.543 071 Dam p
Keywords: Kemampuan Menceritakan; Cerita Anak; Teknik Membaca; OK5R; Konvensional
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15133

Actions (login required)

View Item View Item