PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI DONGENG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM DAN MEDIA GAMBAR BERSERI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGRI 6 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Daulay, Wiranda Magdalena (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI DONGENG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM DAN MEDIA GAMBAR BERSERI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGRI 6 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311135 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311135 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311135 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311135 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311135 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311135 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311135 BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311135 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311135 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan kemampuan menulis kembali dongeng dengan menggunakan media film dan media gambar berseri siswa kelasVII di SMP negeri 6 Tebing Tinggi tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini dalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 210 orang, sementara sampel penelitian yang diambil dengan teknik cluster sampling adalah 35 orang untuk kelas eksperimen dan 35 orang untuk kelas kontrol.Penelitian ini menngunakan metode eksperimen,yaitu dengan membandingkan dua kelompok, kelompok yang diberikan pembelajaran menulis kembali dongeng dengan menggunakan media film atau kelas eksperimen (x) dan kelompok yang diberi pembelajaran menulis kembali dongeng dengan menggunakan media gambar berseri atau kelas kontrol (Y). Dari analisis data,diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,89 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 70,09.Dengan demikian diketahui bahwa nilai rata-rata di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas kontrol.Hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa to lebih besar daripada ttabel yaitu 2,00 < 6,93 > 2,65 pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian, yakni “terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis kembali dongeng dengan media film dan media gambar berseri oleh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2012/2013” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Sanggup19541110 198003 1 007
Call Number: 808.207 1 Dau p
Keywords: Menulis; Fabel; Legenda; Gambar; Dongeng; Hikayat; Media Film; Berseri; Mitos; Sage; Pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15132

Actions (login required)

View Item View Item