PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINSTIFIK PADA PENGAJARAN LARUTAN DAN KOLOID.

Fitriani, Henni (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINSTIFIK PADA PENGAJARAN LARUTAN DAN KOLOID. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah bahan ajar larutan pada diktat kimia umum II perlu adanya revisi, (2) Apakah bahan ajar larutan hasil pengembangan telah memenuhi standar kelayakan merujuk BSNP (3) Tanggapan dosen pengampu kimia umum terhadap bahan ajar larutan yang telah dikembangkan, (4) Tanggapan mahasiswa sebagai pengguna terhadap bahan ajar larutan yang telah dikembangkan. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah diktat kimia umum II pada pokok bahasan larutan. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang mahasiswa semester IV Universitas negeri medan dan 3 orang dosen kimia umum Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis manunjukkan (1) Analisis diktat kimia umum II merujuk BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 3,13 artinya layak dipergunakan, namun masih perlu adanya penambahan, (2) Analisis bahan ajar hasil pengembangan merujuk BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 3,88 artinya sangat layak dipergunakan, (3) Tanggapan dosen pengampu kimia umum terhadap bahan ajar hasil pengembangan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,84 artinya sangat baik dan sangat layak dipergunakan, (4) Tanggapan mahasiswa terhadap bahan ajar hasil pengembangan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,36 artinya sangat baik dan sangat layak dipergunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Manihar196008141986011001
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: 541.392 071 2 Fit p
Keywords: Bahan Ajar Inovatif dan Interaktif; Penelitian dan Pengembangan (R & D); Larutan dan Koloid.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item