PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2015/2016

Febrina, Nurul (2016) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7121141043 COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7121141043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7121141043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7121141043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7121141043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7121141043 TABLE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7121141043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7121141043 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7121141043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7121141043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7121141043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam menambah ilmu pengetahuan khususnya mata pelajaran ekonomi,rendahnya pemberian motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa, rendahnya pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Dharmawangsa tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Dharmawangsa Medan yang berjumlah 160 orang yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas X IPS1, X IPS2, X IPS3, X IPS4 yang diambil secara simple ramdom sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable Pemanfaatan perpustakaan (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan dimana thitung > ttabel yaitu 3,402 > 1,68 dengan signifikan sebesar 0,002 > 0,05. Variabel Motivasi Belajar (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan dimana thitung > ttabel yaitu 5,490 > 1,68 dengan signifikan 0,001 > 0,05. Secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung sebesar 31,524 > Ftabel 2,47. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear berganda didapat koefisien regresi Y = 15,230 + 0,420 X1 + 0,353 X2 + e. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara bersama-sama pemanfaatan perpustakaan dan Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Dharmawangsa Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La196412311991031040
Call Number: SK-2016 EKO 067
Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan; Motivasi Belajar;Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14836

Actions (login required)

View Item View Item