PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUK PAKAM T.A 2015/2016

Bintang, Nurul Shadrina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUK PAKAM T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123341084 Cover.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341084 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123341084 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123341084 PREFACE.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123341084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123341084 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.7123341084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123341084 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123341084 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123341084 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123341084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi yang diajar dengan menggunakan Model pembelajaran Picture and picture dan Pendekatan Saintifik lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode Konvensional siswa kelas X IIS MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Lubuk Pakam jalan Karya Agung Komp. Pemda Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Lubuk Pakam sebanyak 280 siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel diambil dalam dua tahap, pada tahap pertama pengambilan sampel kelas, dari 8 kelas diambil 2 kelas dengan teknik cluster sampling, pada tahap kedua pengambilan sampel untuk siswa dari 73 orang siswa diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 60 orang dengan masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Maka diperoleh siswa kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar ekonomi digunakan tes objektif yang berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 5 pilihan jawaban (A, B, C, D, E), yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan pendekatan Scientific lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional. Dibuktikan dengan hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung = 5,67 dan nilai ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan dk = 58. Maka thitung > ttabel (5,67 > 1,67) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata- rata kelas eksperimen sebesar 80,50 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 66,16. Rata-rata hasil belajar Ekonomi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi 14,34 dari pada rata-rata hasil belajar Ekonomi siswa kelas kontrol. Disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan pendekatan Scientific lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional kelas X IIS Madrasah Aliyah Negeri Lubuk Pakam T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923194032001
Call Number: SK-2016 EKo 058
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Pendekatan Scientific; Metode Konvensional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14799

Actions (login required)

View Item View Item