PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2014/2015

Manullang, Dominikus Rojoki (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113141021 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 BAB I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 BAB V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 309 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen, dan X-4 sebagai kelas control yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk dokumentasi dan bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t�. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Snowball Throwing adalah pretes sebesar 46.14, standar deviasi=11.71 dan postes sebesar 72.57, standar deviasi=8.17, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 45.43, standar deviasi= 12.80 dan postes sebesar 67.43, standar deviasi=9.02. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2.498 > 2.15 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0.05. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Tauada196208311987031002
Call Number: SK-2015 EKO 080
Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item