PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS DENGAN LEARNING STRATEGY PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK SWASTA SILOAM 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Frasdika, Angga Afiat (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS DENGAN LEARNING STRATEGY PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK SWASTA SILOAM 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141010 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 BAB I.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 BAB V.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dan perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran ARCS dengan Learning Strategy Peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Swasta Siloam 2 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Siloam 2 Medan yang beralamat di jalan Rakyat No. 145 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK di SMK Swasta Siloam 2 Medan yang terdiri dari 25 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARCS dengan Learning Strategy Peer Lessons, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara test berbentuk essay dan lembar observasi aktivitas siswa. Adapaun analisis data adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data nilai hasil belajar siswa pada siklus I Siswa yang mencapai KKM adalah 14 siswa (56%) dengan nilai rata-rata siswa adalah 71.8 dan pada siklus II diproleh 21 Siswa (84%) yang telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 86.4 Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 28% dari siklus I ke siklus II. Hasil perolehan aktivitas siswa pada siklus I jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 1 siswa , Siswa yang aktif sebanyak 10 siswa, siswa yang cukup aktif sebanyak 3 siswa, siswa yang kurang aktif sebanyak 7 siswa dan siswa yang tidak aktif sebanyak 4 siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas dimana jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 6 siswa, siswa yang aktif sebanyak 15 siswa, tidak terdapat siswa yang cukup aktif, siwawa yang kurang aktif sebanyak 4 siswa dan dan tidak terdapat siswa yang tidak aktif. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran ARCS dengan Learning Strategy Peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi Siswa Kelas XII AK SMK Swasta Siloam 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: 657.071 9 Fra p
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran ARCS; Strategi Pembelajaran Peer Lesson
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14467

Actions (login required)

View Item View Item