PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES(REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY)DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 18 MEDANT.P 2013/2014

Violeta, Octaria (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES(REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY)DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 18 MEDANT.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141163 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 BAB I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 BAB V.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141163 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 18 Medan T.P. 2013/2014semester ganjil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah37 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaranROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan strategipembelajaran Quiz Team. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar.Sedangkan teknik analisa data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatifIndikator keberhasilan adalah kelas dinyatakan aktif apabila persentaseaktivitas siswa mencapai 71,8%. Sedangkan untuk hasil belajar, kelas dinyatakantelah mencapai ketuntasan apabila > 70% dari jumlah siswa mencapai KKM.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa jumlah siswa yang aktif 14orang (37,84%). Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar 19 orang(51,35%). Hasil tersebut belum mencapai indikator keberhasilan sehinggadilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II jumlah siswa yang aktif 28 orang (75,68%).Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar 30 orang (81,08%). Hasil tersebutmenunjukkan bahwa pada siklus II aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswatelah mencapai indikator keberhasilan sehingga tidak perlu dilakukan tindakanuntuk siklus selanjutnya. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukandengan menggunakan uji t dengan dk = n -1 pada  = 0,05 dan N = 37. Dari dataperhitungan diperoleh t hitung = 9,05 dan t tabel = 2,02. Hasil pengujianmenunjukkan t hitung > t tabel yaitu ( 9,05 > 2,02). Dengan kata lain perbedaan hasilbelajar siswa signifikan.Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapanmodel pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise,Summary) dengan strategi pembelajaran Quiz Team dapat meningkatan aktivitasdan hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 18 Medan T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, Daulat195103021974031001
Call Number: 657.071 2 Oct p
Keywords: Model Pembelajaran;Aktivitas;
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14466

Actions (login required)

View Item View Item