PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PAB-2 HELVETIA T.P 2014/2015

Hakimi, Rifki (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PAB-2 HELVETIA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114234 COVER.pdf]
Preview
Text
708114234 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 708114234 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
708114234 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 708114234 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
708114234 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 708114234 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
708114234 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 708114234 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
708114234 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 708114234 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
708114234 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 708114234 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
708114234 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 708114234 BAB I.pdf]
Preview
Text
708114234 BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 708114234 BAB V.pdf]
Preview
Text
708114234 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 708114234 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
708114234 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Lerning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memahami Prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X SMK PAB-2 Helvetia T.P 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB-2 Helvetia kelas X AP Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AP1 sebagai kelas eksperimen dan X AP2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes dan tingkat kesukaran dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang dipelajari dengan model pembelajaran Learning Cycle lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Learning Cycle adalah pre test sebesar 55,16 dan post test sebesar 78,23 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 54,68 dan post test sebesar 73,55. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 3,75 > 1,67 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan admministrasi perkantoran kelas X SMK PAB-2 Helvetia T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 651.071 9 Hak p
Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle;Belajar Aktif Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 31 Aug 2016 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item
View Item