PENERAPAN METODE DISCOVERY DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SAINS

Hasruddin, (2009) PENERAPAN METODE DISCOVERY DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SAINS. Jurnal Tematik, 002 (02). pp. 49-63. ISSN 1979-0633

[img]
Preview
Text
Penerapan Metode Discovery dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Sains.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Pemahaman komprehensif dan kemampuan memaknai materi pelajaran yang tidak sekedar mampu menghafalkan materi menjadi agenda penting dalam pembelajaran. Peserta didik perlu diasah kemampuan berpikir kritisnya agar mereka mampu dan terampil dalam memecahkan persoalan yang akan dihadapinya di tengah kehidupan. Dalam proses pembelajaran, mereka benar-benar dibelajarkan dan aktif dalam proses berpikir, menemukan, menyimpulkan, dan mengambil keputusan. Dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka materi pelajaran akan lebih bertahan lama dalam ingatan mereka. Penguasaan metode belajar yang memberikan kesempatan kepada mereka seluas-luasnya bereksplorasi layaknya kerja seorang ilmuwan, akan mendatangkan dampak penguasaan materi yang handal. Metode Discovery memberikan kesempatan kepada peserta didik berpikir analitis dan kritis, selanjutnya akan mencoba untuk memecahkan problema yang mereka hadapi sendiri. Kebiasaan ini akan dapat ditransfer dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Article
Keywords: Metode Discovery; Berpikir Kritis; Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 06:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item