PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DALAM KONTEKS PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK PAB MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2012/2013

Lumban Gaol, Fransiska (2013) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DALAM KONTEKS PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK PAB MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141061-JUDUL.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141061-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141061-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141061-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141061-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141061-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141061-BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141061-BAB V.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141061-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah dan banyaknya output siswa yang setelah menyelesaikan sekolah menengah kejuruan tidak memiliki keterampilan terutama dalam bidang kewirausahaan, sehingga dibutuhkan bimbingan agar mengarahkan siswa lebih kreatif dan inovatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar dalam konteks pendidikan formal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X jurusan teknik sepeda motor di SMK PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2012/ 2013.Penelitian ini dilakukan di SMK PAB 6 Medan Estate dengan populasi sebanyak 51 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur bimbingan belajar berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar ekonomi siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai ekonomi siswa kelas X Jurusan Teknik Speda Motor SMK PAB 6 semester 1 Tahun Ajaran 2012/ 2013. Uji validitas angket menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji t.Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan garis linear Y=28,700+0,438X. Untuk uji t bimbingan belajar diperoleh thitung sebesar 3,355 ≥ ttabel 2,002 maka ada pengaruh positif dan signifikan bimbingan belajar dalam konteks pendidikan formal terhadap prestasi belajar siswa kelas X jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK PAB 6 Medan Estate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMeiriza, Mica Siar197805162006042002
Call Number: 658.071 9 Lum p
Keywords: bimbingan belajar; tujuan; fungsi; pelaksanaan; prestasi belajar; wirausaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13751

Actions (login required)

View Item View Item