PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS XI IPS SMAN 1 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Siahaan, Sartika (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS XI IPS SMAN 1 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141207 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 BAB V.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141207 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pancur Batu Jl. Letjen Djamin Ginting No 22 Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS-1 yang berjumlah 39 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dan lembar observasi. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan 35,90%, pada siklus I ketuntasan aktivitas siswa mencapai 51,28% dari jumlah siswa di kelas XI dan pada siklus II ketuntasan aktivitas siswa menjadi 87,18%. Dari hasil analisis data diperoleh data nilai rata-rata dari tes sebelum penerapan adalah 69,23 dengan jumlah siswa yang tuntas 19 siswa atau 48,72 %. Sedangkan pada tes sikus I nilai rata-rata siswa menjadi 78,46 dengan jumlah siswa yang tuntas 27 siswa atau 69,23 %. Kemudian pada tes siklus II nilai rata-rata menjadi 81,28 dengan jumlah siswa yang tuntas 32 siswa atau 82,05% . Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥75. Dan dari hasil uji korelasi antara aktivitas (variabel X) dan hasil belajar (variabel Y) diperoleh r_xy=0,834 yang menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika aktivitas siswa tinggi, maka hasil belajarnya juga akan tinggi. Pada uji signifikan untuk hasil belajar t_hitung>t_tabel yaitu 3,86>1,69. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Word Square pada materi kebijakan perdagangan internasional dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 658.071 2 Sia p
Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Word Square; Kolaborasi; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item