PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS 1 SMA SWASTA AL-MAKSUM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Siregar, Muhammad Arifin (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS 1 SMA SWASTA AL-MAKSUM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
61277110043 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61277110043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61277110043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61277110043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61277110043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61277110043 BAB I.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61277110043 BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61277110043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatanaktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 1 SMA Swasta Al-MaksumMedan sekaligus untuk mengetahui peningkatan yang signifikan antar siklus.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Al-Maksum Medan yangberalamat di Jl. Satria Percut Sei Tuan Medan. Subjek penelitian ini adalah siswakelas XI IS 1 SMA Swasta Al-Maksum Medan dengan jumlah 30 orang. Objekdalam penelitian ini adalah model pembelajaran Creative Problem Solving. Jenispenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari duasiklus dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukandengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay.Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitassiswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 18,6 = 19 yang termasuk dalamkriteria Cukup . Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 21,9 ≈ 22 yangtermasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelumpenerapan dengan nilai rata-rata 57,67 sedangkan pada siklus I nilai rata-ratasiswa menjadi 68,33 atau terjadi peningkatan sekitar 10,66 poin. Dan pada siklusII nilai rata-rata siswa menjadi 82,33 atau mengalami peningkatan 14,00 poin darisiklus I. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75% siswamemperoleh nilai ≥75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarancreative problem solving dapat meningkatkan secara signifikan aktivitas dan hasilbelajar siswa pada materi pembelajaran Jurnal Penyesuaian di kelas XI IS 1 SMASwasta Al-Maksum Medan Tahun Pelajaran 2010/2011.Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan modelpembelajaran Creative Problem Solving pada materi Jurnal Penyesuaian dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS I SMASwasta Al-Maksum Medan Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: 657.071 2 Sir p
Keywords: model pembelajaran; Creative Problem Solving; aktivitas; hasil belajar; akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13559

Actions (login required)

View Item View Item