PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Marpaung, Dewi Pandu Winata (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709441008 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441008 BAB I.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441008 BAB V.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS Parulian 1Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Tujuan enelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntunsi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dan Number Head Together dikelas XI Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 Penelitian ini diaksanakan di Parulian 1 Medan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI is yang berjumlah 42 siswa dan objek penelitan adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing dan Number Head Together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dalam pengumpulan data, tekhnik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 20,28 yang termasuk dalam criteria cukup aktif. Pada siklus kedua rata-rata observasi aktivitas adalah 25,86 yang termasuk dalam aktif. Dari analisis data diperoleh data tes(pretest)sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 65,23 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 71,34 atau menjadi meningkatan sebesar 6,11 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 78,34 atau mengalami peningkatan 7.00 poin dari siklus I. sebagagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75 % siswa memperoleh nilai >75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dan Number Head Together dapat meningkatkan secara signitifikan aktivitas dan hasil belajar pada kompetensi dasar laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IS Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 657.071 2 Mar p
Keywords: akuntansi; pembelajaran; kolaborasi; Problem Posing; Numbered Head Together; siswa; aktivitas; belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item View Item