PENERAPAN KOLABORASI MODELPEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN PROBLEM POSING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKSMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 MEDAN T.P 2012/2013

Panjaitan, Resmi (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODELPEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN PROBLEM POSING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKSMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141180 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 BAB I.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 BAB V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141180 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XI AK SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan T.P 2012/2013 melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dengan Problem Posing.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1Medan T.P 2012/2013 dengan subjek adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiridari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tesuntuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil obervasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswapada siklus I siswa yang masuk dalam kategori aktif sebesar 12 (34,29%) dan dari hasil belajar siswa terdapat 16 orang siswa (45,71%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 76,86. Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 71,88% dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan hasil belajar yaitu 70% maka penelitian ini dilanjutkan kesiklus II. Pada siklus II terdapat 28 orang siswa (80%) yang masuk dalam kategori aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 28 orang siswa (80%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 85,29. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung 2,59 > ttabel 2,03.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dengan Problem Posing di kelas XI AK SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan T.P 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasir, Muhammad195510211982011001
Call Number: 657.071 9 Pan p
Keywords: Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Problem Posing; Aktivitas; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item View Item