PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK TELADAN SUMATERA UTARA-1 TP 2013/2014

Pardede, Jeperson (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK TELADAN SUMATERA UTARA-1 TP 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709441019 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 BAB I.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 BAB V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709441019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Teladan Sumatera Utara-1 TP 2013/2014 melalui penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Small Group Discussion dan Team Games Tournament.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Teladan Sumatera Utara-1 pada semester ganjil TP 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Small Group Discussion dan Team Games Tournament, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar Akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 42,11 %, dari siklus I hanya 15 siswa atau 39,47% siswa yang termasuk dalam kriteria aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 31 siswa atau 81,58% siswa termasuk dalam kriteria aktif. Hasil belajar siswa yang telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥80 mengalami peningkatan sebesar 21,05%, dari siklus I hanya 26 siswa atau 68,42% siswa yang dinyatakan kompeten dan pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa atau 89,47% siswa yang dinyatakan kompeten. Uji kesamaan dua rata-rata menunjukkan ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antar siklus yang signifikan, dimana diperoleh thitung 4,704 > ttabel 2,026 pada dk = n – 1 (37) dan taraf signifikansi 5%.Dapat disimpulkan bahwa kolaborasi Model Pembelajaran Small Group Discussion dan Team Games Tournament pada standar kompetensi Mengelola Penagihan Piutang (D11) di kelas XI Akuntansi SMK Teladan Sumatera Utara-1 TP 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGinting, Jihen195712041989031001
Call Number: 657.071 9 Par p
Keywords: Model Pembelajaran; Small Group Discussion; Team Games Tournament; Kolaborasi; Aktivitas; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13500

Actions (login required)

View Item View Item