PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK SWASTA YPK MEDAN T.P. 2013/2014

Apprilliana, Fitri (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK SWASTA YPK MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141057 COVER.pdf]
Preview
Text
709141057 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 709141057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 709141057 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 709141057 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141057 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 709141057 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 709141057 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709141057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 709141057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709141057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 709141057 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709141057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 709141057 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141057 BAB V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 709141057 BAB I .pdf]
Preview
Text
709141057 BAB I .pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 709141057 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 3 SMK SW YPK Medan melalui penerapan kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Pair Checks. Selain itu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siklus I dan siklus II.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta YPK Medan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK 3 yang berjumlah 38 orang siswa. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Pair Checks untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil analisis diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 18,21 dengan kategori aktif sebanyak 5 orang siswa (13,16%) dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori sangat aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 78,95% dengan kategori aktif sebanyak 23 orang siswa (60,53%) dan kategori sangat aktif sebanyak 7 orang siswa (18,42%) dengan rata-rata aktivitas sebesar 24,26. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 65,79% dan telah sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Aktivitas yaitu ≥23 (71,88%). Sedangkan dari tes hasil belajar siswa pada pretest 10 orang siswa (26,32%) tuntas dengan nilai rata-rata siswa 59,92 dan pada siklus I 21 orang siswa (55,26%) tuntas dengan nilai rata-rata 70,47. Pada siklus II 35 orang siswa (92,11%) tuntas dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,13 atau terjadi peningkatan sebesar 36,85% dan hal ini telah sesuai dengan indikator Ketuntasan Klasikal Sekolah 70%. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh thitung = 11,93 > ttabel = 2,03 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dan positif antar siklus.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Pair Checks dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 3 pada standar kompetensi memproses dokumen dana kas kecil SMK Swasta YPK Medan T.P. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 9 Apr p
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Pair Checks; PBI; aktivitas; akuntansi; tindakan kelas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 06 Oct 2016 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13485

Actions (login required)

View Item
View Item