PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013.

Rosiana, S. N. Astika (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114067 JUDUL.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114067 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114067 BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114067 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk multiple choise sebanyak 20 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan sebesar 43 dan setelah diajarkan dengan model pembelajaran jigsaw terdapat peningkatan hasil belajar dengan rata-rata sebesar 81,875. Sedangkan rata-rata pretes siswa kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan sebesar 43,875 dan setelah diberikan pembelajaran konevensional terdapat peningkatan hasil rata-rata postes sebesar 72,625. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t. Hasil perhitungan yang didapatkan menunjukkan bahwa thitung = 4,74 > ttabel = 1,994 dengan kata lain hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195850911986111001
Call Number: 651.307 1 Ros p
Keywords: Kooperatif Learning tipe Jigsw; dan Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13307

Actions (login required)

View Item View Item