MELUKIS REALIS VERSUS FOTOGRAFI

Muslim, MELUKIS REALIS VERSUS FOTOGRAFI. -, - (-). pp. 119-124. ISSN -

[img]
Preview
Text
Table Of Content.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Melukis teknik realis sudah ada sejak awal pelukis-pelukis Yunani Kuno memoleskan kuwasnya pada kanvas. Sebagaimana dikatakan oleh Plato bahwa seseorang baru dapat disebut seniman ketika dia sudah mampu melukis mencapai kemiripan bentuk menurut aslinya yang diciptakan Tuhan. Hal tersebut dikenal dengan Idea, yaitu bentuk yang paling sempurna (representatif). Seorang pelukis bertugas meniru bentuk-bentuk alam semirip mungkin. Teknik melukis yang demikian disebut teknik realis. Kemampuan seseorang menampilkan bentuk realis yang sempurna pada bidang gambar adalah suatu keistimewaan yang mendapat sanjungan dari masyarakat, karena dibutuhkan konsentrasi penuh dalam mencermati, dan singkronisasi kerja mata, otak, dan tangan. Tidak mudah bagi sesorang untuk menjadi seniman yang matang dalam melukis realis, sehingga banyak pelukis yang memilih teknik melukis lainnya. Lukisan yang diciptakan dengan berbagai teknik tersebut akhirnya melahirkan berbagai corak dan disebut gaya atau aliran. Lukisan yang dibuat dengan teknik realis dikenal dengan gaya realis atau aliran realis. Kemajuan teknologi foto kamera atau tustel menjadi salah satu bentuk alternatif menampilkan benda secara realis pada bidang gambar. Kegiatan fotografi menjadi kesenangan masyarakat, karena hasilnya yang sempurna (ferfect) dan tidak membutuhkan usaha keras seperti yang dilakukan seniman lukis realis. Sebagian orang mengatakan bahwa fotografi merupakan pelarian dari kegagalan menampilkan bentuk realis dengan cara menggambar atau melukis.

Item Type: Article
Keywords: Melukis teknik realis; Fotografi
Subjects: T Technology > TR Photography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 14 Apr 2016 05:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item