PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJARTENTANGUANGDANPENEMBANGANKARAKTERPOSITIFSISWA KELAS X SMA SWASTADHARMAWANGSA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Gultom, Ainil N. (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJARTENTANGUANGDANPENEMBANGANKARAKTERPOSITIFSISWA KELAS X SMA SWASTADHARMAWANGSA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114053 BAB I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114053 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya karakter dan hasil belajar Ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengembangankarakter dan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learningdi kelas X-7 SMA SwastaDharmawangsa Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA SwastaDharmawangsa Medan yang beralamat di jalan K.L. YosSudarso No. 224. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 dengan jumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi karakter siswa. Berdasarkanhasilpenelitianinidiperoleh rata-rata karaktersiswamemperlihatkanbahwaterjadipeningkatan, padasiklus I terdapat 53,33% menjadi 90% padasiklus II. Dari analisis data diperoleh data tessebelumpenerapandenganjumlahsiswa yang tuntassebanyak 14 siswa (46,66%) dengannilai rata-rata 66,1, sedangkanpadasiklus I jumlahsiswa yang tuntassebanyak 20 siswa (66,66%) dengannilai rata-rata 70,5 meningkatpadasiklus II sebanyak 27 siswa (90%) dengannilai rata-rata 80,6. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatkan Hasilbelajartentanguangdan pengembangankarakterpositifsiswa di kelas X-7 SMA SwastaDharmawangsa Medan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorThamrin, H196407191993031003
Call Number: 352.071 Gul p
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Lerning; Hasil Belajar Tentang Uang Dan Pengembangan Karakter
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13181

Actions (login required)

View Item View Item