PENGARUH POLA ASUH DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2011-2012

Sagita, Verry (2012) PENGARUH POLA ASUH DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
COVER, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan. Banyak orang tua beranggapan bahwa setelah mereka menyekolahkan anak-anak mereka dan memberikan seluruh fasilitas yang diperlukan itu sajalah kewajiban mereka untuk meningkatkan prestasi anak-anaknya, tanpa menghiraukan kebutuhan anak yang lain seperti perhatian, motivasi, pola asuh, serta pergaulan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Morowa Tahun Ajaran 2011/2012.Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket dan dokumentasi yang diperoleh dari sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dasar 4 kelas dengan jumlah siswa 160 orang. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 40 orang. Teknik pengampilan sampel di setiap kelas dengan cara random sampling. Berdasarkan jawaban angket yang disebarkan kepada responden diperoleh rata-rata pola asuh sebesar 3,445 dikategorikan sangat baik/sangat demokratis, hasil jawaban angket motivasi orang tua diperoleh rata-rata sebesar 2,985 dikategorikan baik, dan untuk prestasi belajar ekonomi siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 78,825 dan dikategorikan baik. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t (persial) diperoleh ttabel pada taraf signifikan 95% untuk dk=40 adalah sebesar 1,684, dan diperoleh thitung untuk pola asuh sebesar 1,715 dan thitung untuk motivasi sebesar - 0,282, dan uji F (simultan) diperoleh Ftabel didasarkan pada dk pembanding = k (jumlah variabel bebas) dan dk penyebut = (n-k-1) pada taraf signifikan 95% dan  5% maka diperoleh dk pembanding = 2 dan dk penyebut = 37, maka diperoleh Ftabel sebesar 3,25, dan diperoleh Fhitung 2,883.Kesimpulan penelitian ini secara uji persia bahwa pola asuh berpengaruh terhadap prestasi belajar, sedangkan motivasi tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Dan secara silmultan pola asuh dan motivasi orang tua tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Sag p
Keywords: Pola Asuh; Motivasi; Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 19 Jun 2019 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item
View Item